Gazebo di Taman Untuk Melepas Lelah dan Penat

Gazebo di Taman Untuk Melepas Lelah

Tamantebingminimalis.com – Keberadaan sebuah taman hias, taman tebing, taman minimalis, kebun keluarga dan sebagainya terasa lebih lengkap dengan kehadiran gazebo. Dengan gazebo di taman ini kita bisa beristirahat untuk melepaskan penat dan lelah setelah sekian waktu bekerja keras di luar rumah. Baik itu dengan duduk-duduk menyendiri ataupun bersama dengan keluarga.

Gazebo di Taman Untuk Melepas Lelah
Gazebo di Taman Untuk Melepas Lelah

Gazebo kalau dalam bahasa sehari-hari di nusantara ini biasa disebut dengan gubuk dalam bahasa Jawa atau banyak juga yang menyebut saung dalam bahasa Sunda. Pastinya apapun istilah yang digunakan, wahana ini adalah dibuat untuk tempat santai. Kuncinya adalah suasana alami, keakraban, kenyamanan, jauh dari hiruk-pikuk, dan menonjolkan estetika keindahan. Makna wahana ini ternyata cocok dengan kata Gazebo yang sering kita dengar dalam istilah taman hias. Kata ini berasal dari kata “gaze” dalam bahasa Inggris artinya memandang, sementara itu “ebo” dalam istilah Latin artinya ke luar. Jadi gazebo maknanya kurang lebih adalah sebuah wahana atau tempat untuk memandang ke luar.

Mega Gallery Gazebo di Taman Untuk Melepas Lelah

 
 

Desain Gazebo memang merupakan jenis bangunan yang ditempatkan dalam taman, dengan tiap sisinya terbuka. Hal ini sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu untuk menikmati pemandangan yang ada di taman. Dengan sisi yang terbuka ini, kita bisa menikmati pemandangan taman dengan lebih leluasa ketika berada di dalam gazebo tersebut. Selain itu kita juga bebas juga dapat menikmati udara yang bertiup tanpa terhalang penutup pada tiap sisi.

Sejarah Gazebo

Sejarah Gazebo dalam arsitektur Eropa tempo dulu memang dikenal sebagai rumah besar (masion) yang dimiliki para bangsawan. Dalam lingkungan rumah besar ini terdapat taman, kolam, air mancur dan hiasan taman lain. Biasanya ada tempat berteduh atau untuk minum-minum di pagi dan sore hari yang posisinya ada di tengah taman. Bangunan tempat berteduh ini bentuknya biasanya bulat atau segi enam, atau segi delapan, tanpa dinding. Posisi lantai biasanya naik sedikit dari tanah, sementara sebagian berpagar, dihias cantik, beratap semi kubah tergantung bentuk denahnya.

Sementara itu dalam sejarah arsitektur Taman Jepang, Taman Jawa, Taman Jepara, Taman Bali, dan Taman China tempo dulu, gazebo ini terdapat juga bagian seperti ini yang kebanyakan dibangun di atas kolam hias dan ikan.

Dalam praktik arsitektur modern ternyata model gezebo ini masih diaplikasikan di taman. Kemudian dibuat beberapa istilah sesuai kearifan lokal, misalnya menjadi BALE BENGONG. Yaitu bale artinya tempat jadi tempat untuk bengong, melamun, mencari inspirasi dan sebagainya.

Jasa Pembuatan Gazebo di Taman

Nah, bila pembaca sekalian ingin memiliki atau mendesain gazebo di taman rumahnya, silakan hubungi kami, Taman Telaga Al-Kautsar. CP H. Tarinah Fikri HP. 085353533288.

Leave a Reply